Ads Top

Panduan Membuka Usaha Laundry dan Analisisnya

Sebagian orang mencuci pakaian kotor, sudah menjadi aktivitas rutin yang di lakukan setiap pekan. Tapi ada juga yang tidak mempunyai banyak waktu untuk sekedar mencuci pakaiannya. Hal inilah yang bisa Anda ambil sebagai peluang usaha membuka usaha jasa laundry pakaian.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih serta padatnya aktivitas masyarakat perkotaan, membuat membuat mereka mereka malas untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Mereka ingin menghemat waktu, tenaga serta tidak mau repot-repot. Selain itu mereka juga menginginkan pakaian bersih dan wangi. Nah dengan usaha laundry semua itu dapat didapatkan dengan biaya yang relatif murah.

Dengan melihat kondisi di atas Anda bisa membuka usaha jasa laundry. Mengingat banyaknya orang
yang ingin mengunakan jasa ini, sehingga ada kemungkinan di masa depan usaha ini akan berkembang dengan pesat. Lalu bagaimana cara membuka usaha jasa laundry agar sukses dan bisa bertahan lama.

Memulai Usaha Laundry Kiloan

Bila Anda ingin membuka usaha laundry kiloan modal awal yang di butuhkan tidaklah terlalu besar. Anda bisa mengamati perkembangan bisnisnya, jika mengalami grafik yang selalu meningkat, maka Anda bisa mengembangkan bisnis ini lebih besar lagi. Dengan hanya modal satu mesin cuci dan juga ruangan kecil untuk tempat pelanggan menerima atau menyerahkan pakaian yang ingin dicuci maka usaha ini sebenarnya sudah bisa berjalan.Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha laundry.
Untuk menjalankan bisnis ini agar bisa berjalan dengan baik, Anda harus memiliki pengetahuan tentang jenis kain, jenis noda dll. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka bisnis laundry kiloan.

1. Anda harus tahu cara mencuci pakaian dengan baik. Mengetahui berbagai jenis kain, serta bagaimana cara mencuci dan mengeringkan dengan baik.

2. Kenali jenis noda yang menempel pada pakaian Anda, gunakan sabun pembersih yang tepat agar bisa membersihkan noda tanpa merusak warna kain.

3. Gunakan peralatan yang sesuai dengan besar usaha yang Anda jalankan. Jika Anda baru saja memulai usaha jasa laundry, sebaiknya mengunakan peralatan yang seadanya saja yang terpenting pakaian yang di laundry bisa bersih dan juga rapi.

4. Hitung berapa tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini. Menggunakan tenaga kerja secara efektif akan membantu Anda dalam menghemat biaya operasional.

5. Siapkanlah biaya untuk operasional tiga bulan kedepan. Hitung biaya operasional seperti bayar listrik, sewa tempat usaha, biaya untuk membeli deterjen dan air harus diperhitungkan dengan baik.

Rintangan yang dalam menjalankan usaha jasa laundry

Setiap menjalankan sebuah usaha hambatan dan juga rintangan bisa datang sewaktu-waktu. Tidak menutup kemungkinan halangan itu juga menimpa bisnis laundry Anda. Berikut ini beberapa halangan-halangan yang biasanya menimpa usaha jasa laundry.

1. Banyaknya kompetitor yang membuka usaha serupa. Persaingan dalam bisnis adalah hal yang biasanya, oleh karena itu menjaga hubungan baik dengan pelanggan harus tetap dijaga. Berikan pelayanan yang baik agar pelanggan puas dan mau balik lagi.

2. Pelanggan biasanya meminta waktu pengerjaan yang cepat. Maka dari itu bila dalam kondisi yang ramai maka perlu mengatur waktu agar tidak mengganggu pelayanan terhadap pelanggan.

3. Masyarakat yang sudah mempunyai mesin cuci sendiri, sehingga mengurangi potensi pelanggan Anda.

Strategi menjalankan usaha jasa laundry


Pilihlah lokasi yang tepat

Untuk menjalankan bisnis apapun lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam
pemasaran. Begitu juga usaha laundry, pemilihan lokasi yang baik akan menentukan bisnis Anda ramai atau tidak. Untuk usaha jasa laundry pilihlah lokasi-lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, atau kontrakan.
Hal itu dikarenakan biasanya orang yang tinggal di lokasi itu tidak mempunyai banyak waktu untuk
melakukan aktivitas mencuci, oleh karenanya biasanya mereka lebih memilih untuk mengunakan jasa
laundry.

Sesuaikan harga

Sebelum membuka usaha ada baiknya Anda melakukan riset sederhana untuk mengetahui harga pasaran untuk usaha jasa ini. Anda bisa melihat berapa harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Buatlah harga yang sesuai dengan pelayanan yang Anda berikan terhadap pelanggan. Pada dasarnya pelanggan tidak akan merasa keberatan dengan membayar sedikit lebih mahal asal mereka puas dengan pelayanan yang Anda berikan.
 
Berikan pelayanan ekstra
Bila sudah ada banyak yang membuka bisnis serupa Anda harus mempunyai faktor pembeda dari yang lain. Berikanlah pelayanan ekstra seperti memberikan pilihan minyak wangi, anti kusut, pelayanan antar jemput. Selain itu dalam usaha jasa laundry ketepatan waktu adalah hal yang mutlak Anda jaga. Jangan sampai pelanggan Anda kecewa karena pakaian yang mereka cuci tidak diselesaikan dengan tepat waktu. Buatlah pelanggan Anda cinta mati agar tidak berpindah ke kompetitor.

Perhatikan kualitas

Pelajari teknik-teknik mencuci agar pakaian tidak kusam dan luntur. Hal ini penting bila hasil cucian
baik, bersih dan wangi maka costumer akan kembali lagi ke tempat Anda.

Rekrut tenaga kerja yang tepat

Rekrut karyawan yang sesuai dengan bidang yang akan dikerjakan. Pisahkan antara karyawan bagian
administrasi dengan bagian cuci, agar waktu kerja mereka bisa efektif. Untuk penambahan karyawan
diperlukan bila usaha jasa laundry kiloan Anda sudah berkembang. Sedangkan diawal usaha mungkin
semua pekerjaan bisa di handle oleh satu orang.

Tahapan Membuka Usaha Laundry

1. Penerimaan Pelayanan

Sebelum melakukan cuci-mencuci, pastinya Anda akan melakukan hal ini terlebih dahulu. Bertemu dengan konsumen (pemilik pakaian) dan lakukan penerimaan layanan. Lakukan dengan teliti, hitung berat dengan akurat, pencatatan jumlah berat, jenis apakah yang dipilih, lama layanan, harga dan atas nama siapakah layanan tersebut.

Note :

Buatlah pada bon 3 lapis untuk:

Lapis pertama untuk konsumen, jika pembayaran lunas.
Lapis kedua untuk konsumen, jika pembayaran separuh harga atau saat selesai layanan.
Lapis ketiga untuk kasir, adalah arsip pemasukkan jasa yang telah dilakukan.

Disarankan untuk melakukan layanan per konsumen, untuk menghindarkan resiko pakaian tertukar
antara konsumen satu dengan yang lain.

2. Proses cuci-mencuci

Dilangkah berikut ini, hati-hatilah sebelum Anda memulainya, pilihlah jenis pakaian sebelum
memasukkannya. Pisahkan antara pakaian berwarna dan jenis bahan. Hal ini harus diperhatikan dengan teliti, agar terhindar dari resiko kerusakan dari pakaian tersebut.
Masukkan sabun cuci baju kedalam dispanser dan tak lupa softenernya dan biarkan bekerja sampai
selesai.

Jika terdapat pakaian terbuat dari bahan khusus, baiknya dipisahkan dan cuci dengan cara manual. Karena setiap bahan memiliki daya penyusutan yang berbeda-beda.

3. Pengeringan
Cara ini adalah mengeringkan total sampai ke 100%, disini harus dicermati. Untuk pakaian yang bersifat poliuretan dan lycra (seperti : baju renang, tali kur, sweater parasut,dll) harus diperhatikan selalu, karena bahan tersebut mengandung serat plastik dan karet. Jadi pada saat pengeringan/ dryer cukp 15 sampai 20 menit.

Note :
Disarankan untuk sarung bantal yang memiliki pinggiran dari tali kur, jangan dimasukkan kedalam dryer. Karenakan akan terjadinya kerut penyusutan.

4. Pengrapian atau Penyetrikaan

Tahap ini adalah sebelum akhir. Setelah pakaian kering dari dryer bisa Anda laukan untuk penyetrikaan, agar pakaian tidak kusut dan terlihat rapi. Pastikan semua sisi rapi dan hati-hati untuk daerah bahan sensitif (seperti label dibagian bawah baju dan merek yang terdapat setiap pakaian), karena akan membuatnya meleh dan memberi efek gatal pada saat dikenakan. Setelah penyetrikaan telah rapi, diamkan selama kurang lebih 10 menit untuk menghilangkan sisa panas dan berilah parfum khusus laundry yang berfungsi untuk memberikan kesegaran yang tahan lama.

5. Pengepakkan

Tahap ini adalah tahap terakhir, dimana pakaian yang sudah rapi dari penyetrikan yang didiamkan sekitar 10 menit agar sisa panasnya menghilang bisa dimasukkan kedalam plastik pengepakkan. Buatlah hasil pengepakkan yang rapi dan tidak memiliki celah, agar disaat dijinjing tidak kusut.

6. Sentuhan terakhir


Ini adalah langkah terakhir setelah semua pengerjaan dari awal telah selesai. Setelah pakaian dipak, ada baiknya letakkan di susunan kabinet atau rak yang memang khusus dibuat agar memudahkan
pengambilan oleh pemiliknya nanti, jangan lupa berikan tanda dari setiap konsumen yang melakukan
jasa laundry. Agar tidak terjadinya kesalah kepemilikkan dari pakaian tersebut.

Tahap-tahap ini adalah tahap standarisasi yang dikerjakan oleh jasa pelayanan Laundry Kiloan yang telah di coba sebelumnya.  Dan hasilnya pengerjaan pun tidaklah menjadi tertumpuk-tumpuk, hemat waktu pengerjaan dan bisa mengerjakan pembukuan usaha laundry.

Analisis Usaha Laundry

Nah mungkin banyak yang bertanya sebenarnya berpa sih modal usaha bisnis laundry yang kita perlukan ? Sebenarnya Bisnis Usaha laundry ini bisa kita mulai dengan modal awal mulai dari 5 juta atau Bahkan Bisa nyaris tanpa modal sepersenpun, Hal ini Jelas tergantung dari semua kondisi keuangan yang anda miliki. Nah Di bawah ini merupakan sebuah perhitungan kasar dengan asumsi kalo usaha Bisnis laundry ini dibuka di rumah anda Bukan Di Ruko Atau Sentral Bisnis

Analisa Rincian Modal Usaha Bisnis Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil

1. Membuat Spanduk dengan Panjang 1,5m x 1 Meter : Rp. 30.000
2. Neraca Digital Atau Timbangan 15 kg: Rp. 50.000
3. Barang barang Administrasi (Bulpoin, Buku nota, Kertas laporan kas, kertas karbon Hitam, buku NOte, Sebuah dispenser selotip + isi selotip, Aneka isi staples, dan Lainya): Rp. 100.000
4. Perlengkapan Tag Gun + Tag Pin 1 box + Kain Keras 1 meter: Rp. 30.000
5. Mesin Cuci Biasa: Rp. 1.200.000 ( ini Silakan disesuaikan )
6. Peralatan nyuci Sikat Baju + Sprayer + Selang sekitar 10 m: Rp. 90.000
7. Aneka Pendukung cucian ( Detergen + pewangi Dan Lainya ) : Rp. 50.000
8. Ember Bak besar 3 buah: Rp. 50.000.
9. Hanger Plastik Sebanyak 2 gross ditambah Jepitan Baju: Rp. 100.000
10. Setrika 1 buah + Alas gosok + Terminal + Kabel: Rp. 100.000
11. Rak besi Bentuk siku komplit: Rp. 200.000
12. Gaji Untuk 1 orang Pegawai: Rp. 500.000/bulan

Total Modal Yang Dibutuhkan : Rp. 2.500.000

Nah itulah sedikit analisa bisnis laundry dengan modal kecil namun tetap bisa berjalan. nah bagi anda yang ingin benar benar tanpa modal maka silakan buka laundry namun jangan beli mesin cuci dan lainya. cukup awali bisnis anda dengan alat seadanya. cucilah dengan tangan dan gunakan pewangi pakaian seadanya saja. silakan jalankan dulu secara tradisional dan kalau sudah terkumpul modal dan pelanggan baru anda beli mesin cuci.






Tips Cara Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan Agar Sukses Dan Laris

1. Tentukan Segmen Pasar dan Konsumen
Menentukan siapa konsumen dan pembeli kita merupakan langkah awal yang harus diperhatikan. misalnya jika disekitar anda merupakan hunian mahasiswa maka silakan buat jasa cuci kiloan baju mereka dengan bayaran yang murah saja kan anak kosan kuliahan biasanya dananya terbatas. nah berbeda lagi kalau anda berada dalam wilayah karyawan dan sejenisnya maka harga bisa lebih mahal sedikit. selain itu ini juga akan menentukan apakah kita akan memberikan jasa dry cleaning, setrika atau sekalian lainya.

2. Pilih Mesin Cuci dan Pewangi Laundry Kualitas Tinggi
Memilih mesin cuci, mesin pengering,  parfum cucian dan lainya ini akan menentukan bagaimana hasil cucian anda. pilihlah dengan sistem grosira dan belilah ditempat yang menjanjikan garansi. hal ini akan sangat penting karena bisnis laundry kita akan berjalan dalam jangka waktu yang panjang

3. Pilih Lokasi Bisnis yang Strategis.
Menjalankan bisnis cuci kiloan sebenarnya bisa dilakukan di rumahan, namun kalau misalkan ingin mendapatkan konsumen yang lebih banyak maka sebaiknya anda mencari ruko atau tempat usaha yang berada di jalan utama dan pastikan segmen pasarnya mendukung. hal ini akan meningkatkan penghasilan harian anda secara signifikan

4. Lakukan Survey Harga dan Pesaing secara Berkala
Jika anda sudah menjalankan bisnis ini sebaiknya anda jangan menutup mata dengan perkembangan pasar dan para pesaing anda. pastikan anda tidak kalah fasilitas dan pelayanan dengan pesaing anda.hal ini agar pelanggan anda menjadi lebih loyal dengan anda

5. Beri Bonus untuk Konsumen Loyal
jika anda memiliki pelanggan yang sangat loyal sebaiknya anda memastikan memberi bonus entah dengan sistem gratis cuci, cuci 10x gratis 1 kali. cuci 10x gratis strika atau sejenisnya. silakan dikalkulasi saja sesuai dengan budget promosi anda

6. Pastikan Kualitas dan Pengerjaan Cepat
Kecepatan dan kualitas yang baik merupakan sebuah andalan bagi pengusaha untuk menjaring konsumen. pastikan anda sangat memperhatikan kualitas hasil cucian anda karena ini akan menjadi sebuah media promosi yang sangat efektif.

7. Membangun Bisnis Laundry menjadi Waralaba atau Franchise
menjadikan bisnis cuci kiloan menjadi waralaba merupakan pilihan yang bijak karena dengan ini maka anda akan lebih mudah dalam proses pendapatan profit. lihat saja para pendiri waralaba umumnya sukses meraup untung ratusan juta per bulan hanya dengan sistem waralaba mereka. sebelum anda menjalankan bisnis franchise ini silakan anda buat sistem dan sop yang baik agar keuntungan anda bisa dikalkulasi secara bersih dan jelas

 Selamat Mencoba.. Semoga Sukses!!

1 comment:

  1. terimakasih telah berbagi ilmu panduan dalam membuka bisnis laundry. sangat bermanfaat..
    Aplikasi Kasir Laundry Android

    ReplyDelete

Powered by Blogger.