Ads Top

Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah (part 8)

8. Sholat Khusyuk

Rasulullah SAW senantiasa mendirikan ibadah sholat di awal waktu dan berjamaah plus sholat unnah. Ibadah wajib untuk seluruh mukmin bahkan dalam keadaan sakit. Ibadah ini dapat menjaga kesehatan JIWA dan RAGA.



Setiap hari umat Islam diwajibkan melakukan sholat sebanyak 5 kali dimulai dari waktu subuh sebanyak 2 rakaat, zhuhur 4 rakaat, asar 4 rakaat, maghrib 3 rakaat dan isya 4 rakaat. Sebagian besar umat Islam menganggap kegiatan sholat sebagai beban dan kewajiban yang harus mereka lakukan secara rutin setiap hari. Namun banyak diantara mereka yang melakukan sholat dengan asal asalan kurang memperhatikan tu’maninah dan kekhusuan dalam sholat.

Kalau dilakukan dengan khusuk dan benar sholat dapat memberikan kekuatan pada jiwa dan jasmani. Bacaan sholat yang dibaca dengan benar dan dihayati maknanya bisa memberikan kekuatan yang dahsyat pada jiwa seseorang. Gerakan sholat yang dilakukan dengan tepat dan benar dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit yang banyak menyerang manusia dewasa ini.

Sholat jika dilakukan dengan benar dan khusuk dapat memberi manfaat ganda bagi orang yang melakukannya. Manfaat pertama bacaan sholat jika dimengerti dan dipahami maknanya dapat memberi ketenangan dan kekuatan pada jiwa seseorang. Manfaat kedua, gerakan sholat jika dilakukan dengan tepat dan benar dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan memperlancar peredaran darah diseluruh tubuh.

Efek nyata shalat khusuk dalam kehidupan sehari hari

Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan menimbulkan efek yang nyata dalam kehidupan sehari hari. Beberapa indikator yang dapat anda rasakan dalam kehidupan sehari hari sebagai hasil dari shalat yang benar dan khusuk antara lain :

Badan terasa lebih segar dan relaks selama dan sesudah mengerjakan shalat. Insya Allah badan juga selalu terasa sehat dan bugar, memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit harian seperti pusing, flu, piliek, masuk angin, letih dan lesuh. Disamping itu tubuh juga memiliki daya tahan tinggi terhadap berbagai penyakit yang banyak menyerang manusia modern dewasa ini seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes, stroke, serangan jantung. Untuk mendapatkan semua itu tentu saja harus juga dibarengi dengan pengaturan pola makan yang betul dan sehat.

Anda bisa merasakan suatu perasan nikmat dan asyik ketika mengerjakan shalat, hati dan fikiran terasa relaks dan focus pada kalimat yang dibaca. Adakalanya perasaan anda terbawa hanyut oleh ayat yang dibaca hingga badan bergetar dan kadang kala anda menangis karena merasakankedahysatan Allah , kasih sayang dan azab -Nya..

Hati dan fikiran selalu merasa bahagia, nyaman, tentram, optimisdalam menjalankan kehidupan jauh dari perasaan sedih, duka, cemas, takut , putus asa, tertekan dan stress berkepanjangan.
Memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cobaan dan tekanan hidup. Berbagai musibah dan kesulitan yang menghadang tidak menyebabkan nya patah semangat dan berputus asa.
Terpelihara dari melakukan perbuatan tercela danperbuatan keji lainnya
Memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi dalam menyelesaikan dan menghadapi berbagai masalah yang datangmenghadangdalam kehidupan sehari hari.
Tidak takut menghadapi ancaman dari manapun, ia hanya tunduk dan takut pada Allah Subhanahu wata’ala.

Jika anda belum melaksanakan shalat dengan benar dan khusuk, anda akan mendapatkan efek yang berlawanan dari hal yang telah disebutkan diatas. Beberapa indikator yang bisa anda amati dan rasakan jika anda belum melakukan shalat dengan benar dan khusuk antara lain sebagai berikut.

No comments:

Powered by Blogger.