Ads Top

Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah (part 13/penutup)

13. Berbekam

Rasulullah SAW bersabda:
“Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara: pertama dengan meminum madu (dengan obat herbal), kedua dengan berbekam/hijamah, dan ketiga dengan (terapi) besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhori)

Tentunya berbekam dengan rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Mengenai bekam atau yang lebih dikenal dengan al-hijamah dalam ensiklopedi pengobatan ala nabi (ath-thibb an-nabawi) merupakan metode pengobatan alami yang memiliki banyak khasiat selain juga sunnah nabi dimana pelakukan akan mendapatkan nilai pahala jika melakukan aktifitas itu dengan niat mengikuti saran dan anjuran dari rasulullah. Diantara khasiat dari pengobatan yang kini sudah banyak diminati masyarakat luas adalah:
1.   Melancarkan peredaran darah, meringankan badan.
2.  Mengobati masuk angin, darah tinggi, kolesterol, stroke, jantung, asam urat, sakit pinggang, liver, gatal-gatal, migrain, sakit kepala, sakit         mata, impotensi, sinusitis, jerawat, ambeiyen, maag.
3.    Insomnia, stress, sering mimpi buruk, sering kesurupan, Trauma, rasa takut yang berlebihan, narkoba, kurang gairah.
4.    Mengeluarkan toksid, angin dan kolesterol berbahaya dalam tubuh.
5.    Memulihkan fungsi tubuh.
6.    Menajamkan penglihatan.
7.    Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.
8.    Memperbaiki sistem imunitas
Kenapa bekam penting dan dianjurkan

Sebagai ummat islam tentuntya kita selalu meyakini bahwa segala perbuatan yang diperintahkan dan dianjurkan oleh syara’ pastilah tidak luput dari manfaat, begitu juga sebaliknya segala sesuatu yang dilarang pasti dibalik itu ada sesuatu yang dapat merusakan baik secara langsung maupun tidak. Begitu juga halnya dengan bekam yang mana Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk berbekam, seperti sabdanya: “Sesungguhnya di dalam berbekam itu terdapat pengobatan“. (Shohih Muslim) juga: “Sesungguhnya sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah berbekam” (al-hadits).

Di era modern ini kita terbiasa mengkonsumsi makanan siap saji, makanan yang mengandung bahan pengawet, zat pewarna, zat pengembang, penyedap rasa, pemanis, minyak, pestisida sayuran, dll, serta pencemaran udara telah mengakibatkan terjadinya penumpukan toksid (racun) dalam tubuh sehingga darah menjadi kotor dan statis (peredaran darah jadi tidak lancar). Kondisi tersebut sedikit demi sedikit akan mengganggu kesehatan fisik sehingga muncul keluhan-keluhan seperti : merasa malas,mudah letih, pegal-pegal, sakit kepala, sakit pada persendian, mata berkunang-kunang, nampak murung, merasa tertekan dan badan terasa kurang sehat. Karena itulah darah kotor harus dikeluarkan. BEKAM merupakan cara terbaik yang dianjurkan oleh Rosululloh S.A.W untuk mengeluarkan darah kotor dalam tubuh

Ternyata hidup sehat tidaklah sulit, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berobat atau membeli vitamin. Cukup ikuti sunnah Rasulullah SAW maka insya Allah hidup anda akan sehat jasmani dan rohani.

No comments:

Powered by Blogger.